Rabu, 11 Juni 2008

Satelit di Bulannya Saturnus

RHEA

Rhea (bahasa yunaninya: Ῥέα) atau Rhia dalam mitologi Yunani adalah saudari sekaligus Istri Cornus. Dari Cronus ia memiliki anak-anak yang nantinya akan menjadi penguasa Olympus, yaitu Demeter, Hades, Poseidon, dan zeus. Ia bersama Cronus menjadi pemimpin para Titan.

Bagi Homer, Rhea adalah ibu para Dewa. Meskipun bukan ibu alam semesta seperti halnya Cybele. Menurut legenda ia menyelamatkan Zeus yang baru lahir dengan mengasingkannya di Pulau Kreta supaya tidak ditelan Cronus seperti kakak-kakaknya. Ia mempercayakan Zeus pada para pengikutnya di sana. Para pengikutnya ini menjadi penjaga Zeus dan mengadakan upacara-upacaca penyembahan.

Rhea disimbolkan dengan bulan. Dalam Mitologi Romawi simbolnya adalah Lunar. Simbol lainnya adalah angsa karena angsa melambangkan kelembutannya. Ia juga disertai dengan 2 ekor Singa sebagai penarik keretanya.



LAPETUS

Di samping adalah gambar lapetus.
Iapetus (eye-ap'-ə-təs, Lassell, William (January 14 1848). "Satelites of Saturn". Monthly Notices of the Royal Astronomical Society 8 (3): 42-43., adalah satelit alami terbesar ketiga di Saturnus, ditemukan oleh Gipfani Domenico Cassini tahun1671. Iapetus diketahui untuk pewarnaannya, namun penemuan oleh misi Cassini telah membuka beberapa karakteristik fisikal. Misteri ini masih diselidiki oleh ilmuan, dan informasi tentang Iapetus masih terus diakumulas.


DIONE

Di samping adalah gambar Dione
Dione (dye-oe'-nee) adalah sebuah satelit alami planet Saturnus yang ditemukan oleh Giovanni Cassini tahun 1684. Satelit alami ini memiliki nama yang berasal dari mitologi Yunani, dimana Diona dan Zeus membuat Aphrodite.





1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel 18+ terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!